2 Alasan Konten Digital Signage Tidak Kena ke Konsumen

May 15, 2020 | Categories: News & Events.

Tidak ada orang yang suka disalah-mengertikan atau diacuhkan, apalagi jika sudah menghabiskan banyak waktu menjelaskan apa yang ingin disampaikan. Kita pasti pernah mengadakan pembicaraan serius dengan seseorang dan berakhir dengan masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Ini pastinya akan membuatmu frustasi apalagi jika sudah keluar banyak uang untuk menyampaikan pesan lewat media periklanan.

Misalnya, katakanlah kamu spend money beriklan di network digital signage 4K untuk mendorong penjualan. Namun setelah terlaksana, kamu tidak melihat ROI langsung yang real. Rasanya seperti bicara sama tembok.

Frustasi memang manakala pesan digital signage tidak efektif, tapi biasanya ada 2 alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Setelah kita tahu masalahnya, kita bisa temukan solusinya agar pesan yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dengan jelas.

Pesan di digital signage tidak membaca situasi

Digital signage harus menampilkan pesan yang tepat pada waktu yang tepat. Seperti contoh, jika saat ini musim hujan, ada baiknya digital signage menampilkan pesan yang beresonansi dengan keadaan seperti iklan kopi, jaket, dsb. Atau jika sedang musim kemarau, digital signage bisa menampilkan iklan ice cream, baju renang, dsb.

Kamu bahkan bisa selangkah lebih maju dengan merespon langsung mood pelanggan lewat data wajah anonim seperti usia dan jenis kelamin, lalu menampilkan konten yang dibuat khusus untuk mereka. Secara sederhana, kamu butuh konten yang dapat menjangkau pelanggan di saat mereka sekarang. Jadi kamu perlu meng-update konten secara reguler, karena konten lama biasanya sudah tidak lagi relevan.

Tidak ada yang bisa dilakukan

Masalah lain terkait konten digital sigange yaitu tidak adanya interaksi pelanggan dengan display. Begitu banyak digital signage yang menampilkan iklan produk … dan hanya itu saja.

Meskipun tidak ada yang salah dengan hanya memasang iklan produk, tapi akan lebih baik jika digital signage juga menawarkan beberapa cara bagi pelanggan untuk terlibat dengan brand di tingkat yang lebih dalam seperti:

  • Menyediakan kode QR untuk diskon.
  • Mendorong pelanggan untuk mendaftar loyalty program.
  • Mengadakan kontes.
  • Mengintegrasikan game ke dalam layar sentuh.
  • Menghadirkan komponen interaktif bagi pelanggan untuk memasukkan informasi.
  • Menyediakan inventaris produk.
  • Memberikan pengalaman AR (augmented reality).

Poin-poin di atas hanyalah beberapa contoh pendekatan yang dapat membuat signage display jadi lebih menarik. Tujuan dari penggunaan digital signage tidak hanya untuk menjual barang/produk, tapi juga untuk menciptakan customer experience yang lebih mendalam, yang akan membuat pelanggan kembali … dan juga menghabiskan lebih banyak uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

video-conference-sarana-komunikasi

Konferensi Video – Sarana Komunikasi Modern untuk Bisnis Anda

Sat, 17 Apr 2021 11:45

Konferensi video adalah serangkaian program interaktif yang memungkinkan orang-orang dari lokasi berbeda untuk berinteraksi satu sama lain melalui audio dan video secara real time. Ini berbeda dari video call dan ditujukan untuk konferensi kelompok, bukan antar individu-individu saja. Tujuan konferensi video biasanya untuk menghubungkan sekelompok orang secara bersamaan dalam sebuah rapat melalui teknologi audio dan […]

Read More
pengaturan-meeting-room

Pengaturan Meeting Room

Thu, 22 Oct 2020 17:26

Keberadaan meeting room memang sangat penting karena fungsinya sebagai tempat meeting bersama. Kedepannya, karena pandemi, diprediksi bahwa orang akan terbiasa melakukan meeting jarak jauh. Lantas, siapa saja yang membutuhkan meeting room? Pastinya, perusahaan-perusahaan, instansi militer, hotel-hotel, convention center dan lain sebagainya. Bagaimana sebuah meeting room bisa mengakomodir dengan baik tanpa ada gangguan? Apa saja yang […]

Read More
command center

SVI Siap Penuhi Kebutuhan Command Center di Indonesia

Fri, 16 Oct 2020 15:23

Command center merupakan ruang kendali, koordinasi dan pembuatan keputusan. Command center diibaratkan sebagai “Ruang Perang” karena seluruh hal yang terpantau dari sistem bisa terkontrol, termonitor dan dapat digunakan sebagai dasar informasi dalam mengambil keputusan oleh banyak pihak. Juga dikenal dengan sebutan Control Center / Operation Control Center (OCC),  command center dapat digunakan sebagai tempat penugasan […]

Read More
+62-813-8422-8040