house of worship talk

House of Worship – New Normal Technology

July 14, 2020 | Categories: News & Events.

Beberapa waktu lalu, gereja menerapkan ibadah secara online atau streaming. Kegiatan itu digelar guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. Semua orang dianjurkan menjalankannya di rumah. Menurut Tim Wowor, Music Director The Collective, ibadah live streaming ini sama dengan ibadah di Gereja, yakni tetap ada MC, pujian penyembahan, dan nyanyian.

“Hanya saja pengaturan gerejanya seperti di studio karena disiarkan live. Jemaat bisa melihat dan sambil nyanyi, mendengar khotbah dari rumah,” kata Tim saat bincang-bincang santai di Gedung Experience Center, Pondok Indah (10/07/2020).

Saat ditanya bagaimana ibadah via live streaming, ia merasa ada perbedaan. “Pasti beda. Bisasanya kita lebih bisa bertemu orang banyak dan bisa bersosialisasi, saling mensupport. Sementara sekarang tidak saling bertemu,” jelasnya. Namun segi positifnya, ia lebih punya waktu untuk membuat konten gereja.

Pelayanan dengan live streaming juga memiliki kekurangan. Umumnya, terkendala oleh sinyal yang kadang menyebabkan siaran terputus-putus dan kualitas audio yang buruk. Itu sebabnya ia menyarankan untuk upgrade sistem dan peralatan seperti kamera, audio dan teknologi. Menurutnya, teknologi sangat membantu dari segi experience. “Memulai streaming langsung merupakan langkah pertama. Tapi untuk membuatnya benar-benar menarik, kita butuh dukungan peralatan yang baik”, ucapnya.

Pakar audio Jeffry Wadoe punya pendapat senada dengan Tim soal live streaming. “Kita harus punya standar, jangan asal bunyi. Jangan sampai suaranya sember saat live streaming karena ada batasan signal,” kata Jeffry.

Ia mengatakan pentingnya untuk upgrade sistem dan peralatan apalagi setelah pemerintah melonggarkan PSBB di sejumlah sarana seperti rumah ibadah. Menurutnya, sistem yang minim akan sulit menjangkau seluruh ruangan akibat jarak sosial. Oleh karena itu, sound engineer perlu memperhatikan jarak tembak dan penyebaran yang tidak merata agar pesan yang disampaikan dapat terdengar oleh umat.

“Kami menyadari bahwa tiap gereja memiliki budget yang berbeda untuk memutakhirkan peralatan audio visualnya. Oleh karena itu, kami siap memberikan solusi terbaik sesuai dengan budget yang ada. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia, dan kami akan dengan senang hati melayani Anda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

AV-digital-signage

4 Cara Industri AV Mempengaruhi Trajektori COVID-19

Wed, 23 Sep 2020 17:38

Tidak dipungkiri, COVID-19 telah memukul telak sebagian besar industri AV. Dalam kasus pandemi ini, apa yang bakal terjadi di masa depan sebagian besar ditentukan oleh penyebaran virus, dan respon kita terhadap ancaman tersebut. Namun, ada beberapa asumsi yang masuk akal tentang apa yang bakal terjadi dengan industri AV pada saat kita bangkit dari COVID-19. Pivot […]

Read More

Bang Bang Tut Vol 6 – Alternatif Bisnis di Era New Normal

Tue, 11 Aug 2020 10:26

Jakarta – Perbagai perhelatan dan hajatan terpaksa ditunda akibat pandemi virus corona (covid-19). Dampak paling kentara dirasakan pelaku rental audio; nihil event membuat perangkat audio system hanya teronggok di gudang. Nasib salah satu pemilik usaha persewaan sound system, Rudi Cahyono seketika berbalik saat pandemi merebak. Setidaknya puluhan acara yang menyewa sounds system miliknya dibatalkan dan […]

Read More
masjid protocol covid

Protokol Kesehatan dan Persiapan New Normal untuk Masjid

Wed, 29 Jul 2020 14:34

Dengan adanya penerapan PSBB transisi oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta, kini masyarakat diperbolehkan shalat Jumat berjemaah di masjid. Meski diperbolehkan, pemerintah mengingatkan untuk melakukan peribadatan sesuai protokol pencegahan Covid-19. Berikut 9 panduan protokol kesehatan Covid-19 di masjid dari Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia: Masjid kembali buka Membuka masjid untuk jemaah, baik salat wajib lima waktu […]

Read More
+628-1717-11-2929