house of worship talk

House of Worship – New Normal Technology

Juli 14, 2020 | Kategori: News & Events.

Beberapa waktu lalu, gereja menerapkan ibadah secara online atau streaming. Kegiatan itu digelar guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. Semua orang dianjurkan menjalankannya di rumah. Menurut Tim Wowor, Music Director The Collective, ibadah live streaming ini sama dengan ibadah di Gereja, yakni tetap ada MC, pujian penyembahan, dan nyanyian.

“Hanya saja pengaturan gerejanya seperti di studio karena disiarkan live. Jemaat bisa melihat dan sambil nyanyi, mendengar khotbah dari rumah,” kata Tim saat bincang-bincang santai di Gedung Experience Center, Pondok Indah (10/07/2020).

Saat ditanya bagaimana ibadah via live streaming, ia merasa ada perbedaan. “Pasti beda. Bisasanya kita lebih bisa bertemu orang banyak dan bisa bersosialisasi, saling mensupport. Sementara sekarang tidak saling bertemu,” jelasnya. Namun segi positifnya, ia lebih punya waktu untuk membuat konten gereja.

Pelayanan dengan live streaming juga memiliki kekurangan. Umumnya, terkendala oleh sinyal yang kadang menyebabkan siaran terputus-putus dan kualitas audio yang buruk. Itu sebabnya ia menyarankan untuk upgrade sistem dan peralatan seperti kamera, audio dan teknologi. Menurutnya, teknologi sangat membantu dari segi experience. “Memulai streaming langsung merupakan langkah pertama. Tapi untuk membuatnya benar-benar menarik, kita butuh dukungan peralatan yang baik”, ucapnya.

Pakar audio Jeffry Wadoe punya pendapat senada dengan Tim soal live streaming. “Kita harus punya standar, jangan asal bunyi. Jangan sampai suaranya sember saat live streaming karena ada batasan signal,” kata Jeffry.

Ia mengatakan pentingnya untuk upgrade sistem dan peralatan apalagi setelah pemerintah melonggarkan PSBB di sejumlah sarana seperti rumah ibadah. Menurutnya, sistem yang minim akan sulit menjangkau seluruh ruangan akibat jarak sosial. Oleh karena itu, sound engineer perlu memperhatikan jarak tembak dan penyebaran yang tidak merata agar pesan yang disampaikan dapat terdengar oleh umat.

“Kami menyadari bahwa tiap gereja memiliki budget yang berbeda untuk memutakhirkan peralatan audio visualnya. Oleh karena itu, kami siap memberikan solusi terbaik sesuai dengan budget yang ada. Silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia, dan kami akan dengan senang hati melayani Anda.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts

oohads

Digital Signage Membuat OOH Ads Lebih Efektif

Jum, 29 Apr 2022 11:19

OOH ads sebenarnya bukan hal baru. Praktik OOH ads sering kali ditemukan di ruang publik seperti halte, trotoar, jembatan penyebrangan, dll. Meski sekarang ini banyak bisnis yang menggunakan iklan online untuk mempromosikan produknya, pemasaran lewat OOH ads masih tergolong efektif untuk menjaring calon konsumen. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk OOH ads juga […]

Read More

Samsung Flip 2, Bisa Digunakan untuk Bisnis dan Pendidikan

Jum, 22 Apr 2022 14:37

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti tahu bahwa kesan pertama itu penting. Jadi ketika Anda menyampaikan presentasi kepada klien potensial, perangkat yang digunakan juga harus sebaik mungkin. Samsung Flip Chart generasi ke-2 merupakan perangkat papan tulis interaktif yang tepat untuk memberikan kesan positif saat meeting. Produk top-of-the-line ini bakal membantu Anda mencapai kesepakatan yang ujung-ujungnya cuan. […]

Read More

Interactive Whiteboard for Business and Education

Kam, 31 Mar 2022 14:58

If your school or business has yet to invest in an interactive whiteboard, you’re missing out. Interactive whiteboards are an amazing technology that allow for total collaboration during lessons and meetings. In this post, we’ll take a look at what interactive whiteboards are, and how they can be used in the classroom or boardroom. What […]

Read More
id_IDID
+62-878-8583-1778