masjid protocol covid

Protokol Kesehatan dan Persiapan New Normal untuk Masjid

July 29, 2020 | Categories: News & Events.

Dengan adanya penerapan PSBB transisi oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta, kini masyarakat diperbolehkan shalat Jumat berjemaah di masjid. Meski diperbolehkan, pemerintah mengingatkan untuk melakukan peribadatan sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Berikut 9 panduan protokol kesehatan Covid-19 di masjid dari Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia:

Masjid kembali buka

Membuka masjid untuk jemaah, baik salat wajib lima waktu maupun salat Jumat dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan Covid-19 di daerah setempat.

Jarak sosial

Demi menjaga keselamatan jemaah, pengurus masjid harus memberlakukan protokol cegah tangkal Covid-19, di antaranya menjaga jarak minimal 1 meter antar-jemaah, memakai masker dari rumah, membawa peralatan salat sendiri.

Pembersihan masjid atau musala

Gulung karpet, disiplin membersihkan lantai masjid atau musala dengan disinfektan serta menyediakan hand sanitizer atau tempat mencuci tangan berserta sabun.

Pengeras suara

Memanfaatkan pengeras suara masjid sebagai media siar yang efektif untuk informasi penting dan bersifat darurat terkait cegah-tangkal Covid-19.

Mengelola zakat, infak, sedekah masyarakat

Menampung zakat, infak, sederkah masyarakat baik uang maupun sembako serta mendayagunakannya semaksimal mungkin untuk peningkatan imunitas kesehatan jamaah baik vitamin C dan E maupun pangan/bahan pangan bergizi lainnya.

Masjid jadi PCR

Siagakan masjid sebagai Pos Reaksi Cepat atau PCR jika terdapat jemaah tertular Covid-19.

Masjid aman dan steril

Ciptakan kondisi masjid sebagai tempat aman yang steril dari Covid-19.

Daya tampung masjid

Karena ketentuan physical distancing minimal 1 meter, maka daya tampung masjid hanya tinggal 40% dari kapasitas sebelumnya. Sebab itu, pelaksanaan salat Jumat diatur sebagai berikut:

a. Salat Jumat dapat dilaksanakan di masjid, musala, dan tempat-tempat umum
b. Bagi daerah padat penduduk, salat Jumat dalam dilaksanakan dalam dua gelombang

Jemaah sakit

Bagi jemaah yang sedang sakit, batuk, demam, sesak napas, dan mengalami gejala flu agar melaksanakan salat di rumah hingga dinyatakan sembuh.

CSA Indonesia turut mendukung penerapan protokol pencegahan Covid-19 dengan menghadirkan solusi berikut:

Ozone generator

Ozone memiliki daya oksidasi yang kuat untuk mengurai berbagai macam gas beracun dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Dengan sifat bawaannya tersebut, ozone dapat menetralisir dan mengurai CO, Ammonium, Sulfat, Metana serta berbagai macam unsur berbahaya lain. Beberapa bidang industri kemudian memanfaatkan daya oksidasi ini.

Sementara manfaat lain yang tak kalah penting dari ozone adalah kemampuannya membunuh kuman, bakteri dan virus. Kemampuan inilah yang kemudian membuat ozone juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan medis. Banyak instansi kesehatan dan klinik yang menggunakan ozone pada alat penjernih air mereka.

UV-C Sterilizer

Teknologi dengan memanfaatkan sinar ultraviolet-C ( UVC ) diciptakan untuk membunuh virus dan bakteri. LED dapat didefinisikan sebagai suatu komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya dan berfungsi sebagai sinyal indikator/lampu indikator.

Thermal scanner

Kamera thermal merupakan solusi lengkap sistem pengenalan wajah dan pengukuran suhu panas tubuh. Sistem ini merupakan alat yang cocok digunakan di area dengan kerumunan orang dimana dibutuhkan kecepatan dalam mengukur temperatur tubuh. Sekarang banyak perusahaan dan industri menggunakan teknologi ini untuk mendukung gerakan lawan Covid-19

Flow Control

Solusi baru dan inovatif yang dirancang untuk menghitung jumlah pengunjung dan menganalisis aliran orang yang masuk dan keluar masjid. Ini mengurangi jumlah interaksi sosial dan mengurangi risiko kontaminasi silang antar jemaah. Sistem menganalisis jumlah orang di dalam area dan menampilkan angka secara real-time dan dapat terhubung dengan digital signage.

Silahkan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

AV-digital-signage

4 Cara Industri AV Mempengaruhi Trajektori COVID-19

Wed, 23 Sep 2020 17:38

Tidak dipungkiri, COVID-19 telah memukul telak sebagian besar industri AV. Dalam kasus pandemi ini, apa yang bakal terjadi di masa depan sebagian besar ditentukan oleh penyebaran virus, dan respon kita terhadap ancaman tersebut. Namun, ada beberapa asumsi yang masuk akal tentang apa yang bakal terjadi dengan industri AV pada saat kita bangkit dari COVID-19. Pivot […]

Read More

Bang Bang Tut Vol 6 – Alternatif Bisnis di Era New Normal

Tue, 11 Aug 2020 10:26

Jakarta – Perbagai perhelatan dan hajatan terpaksa ditunda akibat pandemi virus corona (covid-19). Dampak paling kentara dirasakan pelaku rental audio; nihil event membuat perangkat audio system hanya teronggok di gudang. Nasib salah satu pemilik usaha persewaan sound system, Rudi Cahyono seketika berbalik saat pandemi merebak. Setidaknya puluhan acara yang menyewa sounds system miliknya dibatalkan dan […]

Read More

Bang Bang Tut Vol 4 – Alternatif Bisnis di Era New Normal

Fri, 17 Jul 2020 11:37

Jakarta, Kamis (16/07/2020) – CSA Indonesia menggelar talk show Bang Bang Tut bersama Deo Riyanto dari Deo Entertainment, Tammy Zainan dari Taman Musik Entertainment dan Hendy P dari CSA Indonesia. Obrolan santai bertajuk alternatif bisnis di era new normal mengulas seputar tantangan yang dihadapi pebisnis khususnya di industri entertainment dan rental, dan kiat-kiat dalam menghadapi […]

Read More
+628-1717-11-2929